Cara Menambah Berat Badan Balita

Mother Feeding Little GirlSebagian orang tua tentunya merasa khawatir jika mengetahui bayi atau balitanya memiliki berat badan kurang ideal. Bila berat badan tidak naik atau bertambah sesuai dengan berat badan ideal dengan usianya. Anak dan balita yang memiliki berat badan kurang ideal mungkin karena tak mendapat nutrisi yang cukup.

Ada beberapa anak yang memiliki perawakan kecil dan bukan berarti bayi atau balita kekurangan gizi. Pertumbuhan anak normal memang akan ada perlambatan pertumbuhan yang ditandai dengan berat bdan tak terlalu banyak naik.

Kemungkinan lain selain keturunan adalah balita memiliki condsitutional growth delay. Biasakan anak rutin makan tiga kali sehari dengan tiga jenis cemilan tiap harinya. Tawarkan makanan tinggi kalori dan tambahkan lemak pada makanan balita atau bayi Anda sesuai dengan usia.

Beberapa bayi yang masih minum susu formula merupakan salah satu susu pendamping dari ASI untuk membantu memenuhi kebutuhan. Pilihlah susu yang memiliki rendah gula dengan angka kecukupan gizi seperti protein, karbohidrat, mineral dan sumber gizi lainnya.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menambah berat badan balita atau anak Anda dengan cara berikut :

1. Terlebih dahulu konsultasikan kesehatan anak dan balita Anda dengan dokter anak untuk mengetahui perkembangan dan berat badan terakhir yang dimiliki sang anak atau balita. Untuk mengetahui apakah anak atau balita Anda memiliki kelainan dala pola makan yang buruk atau sistem pencernaan anak atau balita Anda mengalami penghambatan dalam mencerna makanan.

2. Tentukan dan atur menu makan setiap harinya dalam jumlah yang seimbang. Jangan memberikan makanan yang terlalu banyak atau sedikit pada balita. Untuk balita tak ada salahnya makan sebanyak enam kali sehari dalam porsi sedang atau kecil. Berikan makan dengan waktu jeda 2-3 jam.

3. Tambahkan zat besi pada tubuh balita. Beberapa anak yang kurang memiliki berat badan ideal juga dapat disebabkan oleh zat besi yang kurang. Memberikan makanan yang kaya akan asupan zat besi seperti kacang merah, kacang hitam, kedelai, biji-bijian, sereal, roti dan nasi tim.

Bila perlu ditambahkan dengan sayuran yang mengandung zat besi tinggi seperti bayam, katuk, brokoli yang dapat ditim jika balita Anda berusia di bawah 1 tahun.

4. Tambahkan pula makanan yang mengandung kalori tinggi dalam menu makan balita Anda. Dengan menambah kalori selain baik untuk menambah energi balita dapat pula untuk menambah berat badan. Namun ibu harus tetap menjaga asupan kalori secara seimbang agar tidak terjadi kelebihan kalori yang dapat membuat anak atau balita menjadi obesitas.

5. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium tinggi seperti yogurt dan keju.

6. Anak juga butuh makanan yang mengadung zink untuk mendukung pertumbuhan tinggi badannya. Makanan yang mengandung zink, antara lain tiram, ikan, daging, semangka, kacang tanah, dan cokelat.


>>> Cara Alami Untuk Menambah Berat Badan Dan Menaikkan Berat Badan Menjadi Berat Badan Ideal, Klik Detail Disini!


This entry was posted in Cara Menambah Berat Badan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>